Berita Batik Desa Cibelok

Antusias Warga Mengikuti Acara 'Gebyar Batik Cibelok'

PEMALANG – Desa Cibelok memiliki sebuah potensi yang masih tersembunyi, yaitu industri batik tulis, namun, jumlah pengrajin batik di Desa Cibelok masih dapat dihitung jari. Para pengrajin batik di Desa Cibelok biasanya hanya memasarkan produknya ke pasar terdekat, atau mengikuti expo yang diakomodasi dan disediakan oleh pemerintah, sehingga pemasaran batik Cibelok masih sangat terbatas.

Tim II KKN Tematik Universitas Diponegoro mengadakan acara sosialisasi yang dinamakan Gebyar Batik Cibelok. Bertempat di balai desa Cibelok, acara yang berlangsung pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 pukul 13.00 disambut antusiasme dari warga desa, terkhususnya ibu-ibu. Acara Gebyar Batik Cibelok dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan oleh pembawaan materi oleh Tim II KKN Tematik Universitas Diponegoro, dan ditutup dengan focus group discussion (FGD) yang berbentuk praktik untuk membuat batik, alat, dan pewarna sendiri.

Materi yang dibawakan tidak hanya sebatas mengenai motif dan pembuatan batik saja, namun ada materi mengenai kewirausahaan, pengelolaan keuangan, keselamatan kerja, pengelolaan usaha secara daring, dan potensi wisata yang bisa menjadi peluang bagi Desa Cibelok untuk ke depannya. Peserta Gebyar Batik Cibelok mendapatkan modul dan leaflet sesuai dengan materi yang dibawakan dari Tim II KKN Tematik Universitas Diponegoro, sehingga peserta dapat memahami materi yang lebih baik dengan membaca modul dan leaflet yang diberikan.

Setelah pembawaan materi selesai, acara dilanjutkan ke sesi focus group discussion untuk pelatihan membuat motif batik, alat, dan pewarna untuk membatik. FGD yang dilaksanakan di balai desa Cibelok dilakukan oleh 6 stall pelatihan, yang terdiri dari stall pelatihan pembuatan batik ecoprint oleh Dyah Ayu Larasati dan Sri Rezeki Sakinah, stall pelatihan pembuatan batik ciprat oleh Farisiyah Fitriyani, stall teknik lukis batik pada kaus oblong oleh Asri Purwo Nugroho, stall pembuatan alat batik cap dari kertas dan pelepah pisang oleh Galuh Kalingga dan Hotmatul Khoeriah, stall pelatihan pembuatan batik shibori dan batik jumputan oleh Devi Kurniasih dan Siti Rohmaniah, dan stall pembuatan pewarna batik berbahan alam oleh Safira Arta Paramita. Antusiasme warga masih terasa saat FGD berlangsung, karena dapat langsung praktik untuk membuat motif batik, pewarna, dan alat untuk membatik.

Penulis : Jessica ChandraDesa Cibelok, 22 Agustus 2019
By batikcibelok.com

Berita Lain

PEMALANG - Telah terlaksana kegiatan ramah tamah penerimaan peserta Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tematik Sentra Batik Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang pada Sabtu (27/07/2019) di Balai Desa Cibelok.
PEMALANG - Telah terlaksana kegiatan ramah tamah penerimaan peserta Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tematik Sentra Batik Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang pada Sabtu (27/07/2019) di Balai Desa Cibelok.
CONTACT INFO
Email: cibelokdesa@gmail.comWeb: cibelok.desakupemalang.id

Tim II KKN Universitas Diponegoro 2019